.

Rabu, 28 Desember 2011

Cowok Idaman Para Cewek

Cewek : Mas kerja dimana?
Cowok : Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali…
Cewek : (WAW…Konglomerat pasti!)… Mas tinggal dimana?
Cowok : Pondok Indah Bukit Golf…
Cewek : (WAW kereenn…Rumah Orang-orang “The Haves”) Pasti gede rumahnya yah…?
… Cowok : Ngga ah…Biasa aja koq…cuma 3000 m2…
Cewek : (Busett!) Pasti mobilnya banyak yah…?
Cowok : Sedikit koq…Cuma ada Ferrari. Jaguar. Mercedes. BMW. Mazda…
Cewek : (Wah cowok idaman gue nihh!!) Mas uda punya istri…?
Cowok : Hmm…Sampai saat ini belum tuh…hehe…
Cewek : (Enak juga nih kalu gue bisa jadi bininya…) Mas merokok??
Cowok : Tidak…rokok itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh…
Cewek : (Wah sehat nihh!) Mas suka minum-minuman keras?
Cowok : Tidak donk…
Cewek : (Gilee…Cool abissss!!) Mas suka maen judi??
Cowok : Nggak…ngapain juga judi? ngabisin duit aja
Cewek : (Ooohhhh…So sweett…) Mas suka dugem gitu ga??
Cowok : Tidak tidak…
Cewek : (Iihh…sholeh banget nih cowok!) Mas udah naik haji?
Cowok : Yah…baru 3x dan umroh paling 6x…
Cewek : (Subhanallah…calon surgawi…) Hobinya apa sih mas?
Cowok : BOHONGIN orang……

Selasa, 27 Desember 2011

Hidup ini adalah proses utk kembali kepada Allah..

bismillahirrahmannirrahim..

alhamdullillah..

thanks to Allah..

salam penuh cinta pada-Nya..

juga ingatan penuh kerinduan pada Rasulullah.. kekasih Allah yg abadi..

Alhamdulillah.. krn Allah telah menarik sedikit nikmat sihat sy.. moga2 ia menjadi kifarah buat dosa hamba ini ya Allah..

bersyukur.



bagaimana manusia ini memaknai hidup?

di dunia ini ada dua jenis golangan manusia yg memaknai hidup..




golongan yg pertama adlh golongan yg memaknai hidup hanya kepada keduniaan saja..
contohnya, mereka merasakan bahwa dunia ini adalah segala2nya.. mereka tidak nampk bahwa kita semua akan menghadapi dan melalui kehidupan hari akhirat..
golongan ini sgt rugi, krn akhirat tidak wujud di hati mereka.. dunia adalh segala2nya.. harta benda bg mereka adlh milik kekal yg abadi.. sedangkan.. itu semua akan berakhir.. dan segalanye sia2 tak bererti apa2 pun utk mereka..

ibarat sebuah handphone.. sekali pun cantik dan harganya mahal.. tp bile habis bateri, ia tetp tak boleh di gunakan.. begitulah hidup mereka.. mewah, dunia segala2nya.. bile mati.. segala2nya sudah tak bererti.. itulah manusia.. hanya ibarat sebuah benda.. benda yg akhirnya tidak bernilai utk diri mereka sndiri... nauzubillahi minzalik..

adakh kita ingin menjadi sebahagian dr manusia yg seperti itu?? klu tanya pd diri sndiri.. sy tak nak menjadi manusia seperti golongan ini..

krn bagi sy.. hidup ini adalh proses utk kembali kepada Allah.. mahu atau tidak, pengakhiran hidup sy adalh kepada Allah.. iaitu Tuhan yg telah menciptakan kita semua..

kadang2, bila memikirkan tntg hari akhirat.. iaitu hari yg pasti akan kita lalui.. sy rsa ingin tolak segala perkara dunia.. tp, bkn seperti itu yg Allah suruh utk kita hamba-Nya lakukan.. kita perlu dunia utk bekal akhirat kita.. bagaimana kita mencorak dn mengisi keduniaan kita utk Allah.. itulah yg akan mnjadi bekal kita bertemu dan kembali kepada Allah nnti..

adakalanya sy tertanya2, adakah ckup dgn bekal ibdah sy je utk bertemu Allah.. sperti mana yg telah Allah firmankan melalui kalam-Nya.. iaitu..

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku." [Adz-Dzaariyat, 51:56]

???

kenapa pula telah Allah turunkan ayat ni..

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." [Al-Baqarah, 2:30]


ssungguhnya, tugas sy dan anda semua ada dua.. beribadah dan menjadi khalifah di muka bumi..
utk masuk syurga itu tidak semudah yg kita bayangkan.. tidak semudah hnya dgn memenuhi tuntutan2 ibadah wajib.. tp, bagaimana kita menjadi khalifah yg baik utk menjaga bumi Allah ini.. bagaimana kita mmbawa org lain sama2 utk menyedari bahawa dunia bukanlh segala2nya.. dan akhirat itu adlh pengakhiran hidup yg abadi..

iaitu mmbawa manusia menjadi golongan yg kedua..

golongan org2 yg memaknai hidup kepada dunia dan akhirat..

mudahkah?

mudahkah utk kita sendiri yg masih memaknai hidup kepada dunia semata2?

tidak!

kadang2 kita terlupa.. dalam doa yg kita angkat ketika selesai solat.. hanya doa2 utk keduniaan.. akhiratnya tidak terminta..
kita hanya berdoa.. permudahkan urusanku.. bahagiakan aku..
hanya itu!

sedangkan.. seharusnya kita meminta..

ya Allah, permudahkan urusan dunia dan akhirat.. bahagiakan aku, di dunia dan di akhirat..

itulah kita..

manusia yg penuh kesombongan di hati.. merasakn bahawa kehidupan dunia adalah segala2nya.. sedangkan akhirat adlh tempat yg pasti buat segala mahluk-Nya yg bernyawa.. segalanya akan diperhitungkan.. tidak ada sedikit pun yg tercicir dn terlepas dr perhitungan tu...

suka sy mengingatkan diri dan hati...

sy bukan di ciptakan oleh Allah utk menjadi seorg hamba yg tidak bersyukur..
namun bagaimana utk sy memaknai hidup jika sy tidak belajar utk mensyukuri apa yg telah Allah berikan kepada sy..

Allah tidak membiarkan sy bernafas kalau bkn krn utk sy menjadi hamba-Nya yg beriman dan mmbuat sesuatu utk islam..

tp sy? sejauh mana sy sudah berbuat ssuatu utk Allah dan islam..

kadang2 sy terlalu merasa selesa krn sy sudah berada di kalangan org2 yg baik.. sehingga sy tidak merasa sensitif dgn keadaan org2 lain..

namun, setelah sy mengenal dakwah dan tarbiyah,

jalan dakwah ini telah membuatkan sy sentiasa berbaik sangka pada Allah..

jalan dakwah ini telah membuatkan sy sensitif akan keadaan org2 lain..

sungguh, jln dakwah ini mengajar sy menjadi seorg manusia yg memaknai hidup kepada dunia dan akhirat..

ia telah banyak mengajar sy erti tidak pernah utk berputus asa menjadi seorg da'i, seorg manusia, dan juga seorg hamba kepada Pencipta..

dan yang paling penting.. jalan dakwah inilah yg telah banyak mengajar sy menjadi org yg selalu mengikhlaskan diri krn Allah..


ya Allah.. tsabatkan aku di jalan ini.. jalan yg telah membuat aku lelah, jalan yg telah membuatkan aku terasa di hina, tetapi jalan inilah yg telah membuatkan aku sentiasa merasa dekat dengan-Mu..



wuallahu'alam..

Meletakan hati di atas kelapangan...

alhamdulillah.. syukur yg tidak terhingga buat Sang Khaliq yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih.. Tiada cinta yg lain selain dari cinta-Mu yg mengalir di dalam jasad ini...
Titipan rindu buat junjungan besar kita Rasulullah saw... sungguh, hati ini rindu akan diri mu wahai pesuruh Allah... bertambah lagi hari ini angka usiaku.. usia kalian semua.. namun, apakah diri ini sudah melaksanakan tggungjwb sebagai hamba?? ~~tidak terjawab oleh hati kecil ini..
...saat sy sedang membelek smbil membaca buku tarbawi karangan Muhammad Lili Nur Aulia.. sy jatuh cinta dgn satu kalimat ini... kalimat ini berbunyi seperti ini..
"Begitulah, jalan dakwah ini mengajarkan bahwa sebaiknya kami melihat kepada diri kami terlebih dahulu, melakukan prasangka baik kepada orang lain, sampai jelas suatu kebenaran itu benar dan kesalahan itu kesalahan.."



muhasabah diri kita bersama... hidup ini Allah menguji dengan bermacam2 ujian.. utk kita sama2 berfikir dan bermusabah diri kembali sejauh mana kita menggunakan iman kita utk menghadapi apa saja ujian yg mendatang di hadapan mata kita..
kadang2 Allah menguji kita dengan sebuah ujian yg sama sekali tidak kita duga.. itulah tanda kasih Allah kepada kita.. sejauh mana kita berlapang dada akan ujian itu.. biasalah pandangan atau penilaian manusia.. manusia ini boleh utk menilai kita dari sudut apa pun.. dari sisi mana pun.. tetapi hanya kita dan Allah yg tahu di manakah kita.. orang boleh mengatakan sesuatu yg menjadi fitnah ke atas diri kita.. tetapi, hanya kita dan Allah saja yg tahu hakikat yg sebenarnya..

suka sy mengingatkn diri sendiri.. kadang2 lisan ini selalu mengatakan apa yg tidak diperbuat,.. dan itu sgt menjadi penilaian bagi org lain.. namun adakalanya, apa yg kita perbuat, disalah ertikan oleh org lain juga.. mungkin di sebabkan oleh hasad dengki yg menguasai diri.. nauzubillahi min zalik..


benarlah ungkapan bait kalimat di atas.. iaitu "sebaiknya kami melihat kepada diri kami terlebih dahulu"..


ya, mmg benar, sebelum kita menegur yg lain, membawa org lain kepada islam utk di amalkn sebagai cara hidup.. kita harus utk memandang kepada diri sendiri terlebih dahulu.. adakah kita telah melaksanaknnya.. atau pun berada dlm proses ke arah mengenal dn mengamalkn islam itu sendiri sbgai cara hidup.. jika belum.. maka berubahlah ke arah itu.. moga2 dirimu tidak menjadi fitnah kepada dakwah islam dan islam itu sendiri...

"Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Itu sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan." [As-Saff, 61:2-3]

dan "melakukan prasangka baik kepada orang lain, sampai jelas suatu kebenaran itu benar dan kesalahan itu kesalahan.."

manusia itu memang tidak lari dari berprasangka.. sama ada prasangka2 itu baik.. atau pun ia adalah sebaliknya.. kita lihat kembali kepada diri kita.. jika kita sebagai seorg da'i.. jika pada awl lagi kamu sudah berprasangka yg tidak baik terhadap mad'u kamu.. maka ia akn menyebabkan terbantutnya dakwah dn hidayah Allah utk smpai kepada hati2 mereka.. di situ bknlah salah mereka jika islam itu masih blm smpai kepada mereka..
lihatlah segala sesuatu dengan mata hati.. mengatakan sesuatu yg benar dan di amalkan oleh diri sendiri.. dan tidak berprasangka buruk kepada sesuatu yg tidak jelas kebenarannya..
"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya, sebahagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah ada diantara kamu yang mencari -cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebahagian yang lain. Apakah ada di anatara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang." [Al-Hujurat, 49:12]

Wuallahu'alam..

Jumat, 23 Desember 2011

Sejarah Hari Ibu


Hari ini tanggal 22 Desember, merupakan hari Ibu nasional. Selamat hari ibu, semoga para kaum ibu bisa tetap jadi yang terbaik bagi putra putrinya. namun tahukah Anda sejarah hari ibu di indonesia? Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung Dalem Jayadipuran[6] yang sekarang berfungsi sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional dan beralamatkan di Jl. Brigjen Katamso. Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Tjoet Nyak Meutia, R.A. Kartini, Maria Walanda 
Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan lain-lain.
Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara, pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan gender, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa.
Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.[7] Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate.

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.
Misi diperingatinya Hari Ibu pada awalnya lebih untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini. Dari situ pula tercermin semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama. Di Solo, misalnya, 25 tahun Hari Ibu dirayakan dengan membuat pasar amal yang hasilnya untuk membiayai Yayasan Kesejahteraan Buruh Wanita dan beasiswa untuk anak-anak perempuan. Pada waktu itu panitia Hari Ibu Solo juga mengadakan rapat umum yang mengeluarkan resolusi meminta pemerintah melakukan pengendalian harga, khususnya bahan-bahan makanan pokok. Pada tahun 1950-an, peringatan Hari Ibu mengambil bentuk pawai dan rapat umum yang menyuarakan kepentingan kaum perempuan secara langsung.
Satu momen penting bagi para wanita adalah untuk pertama kalinya wanita menjadi menteri adalah Maria Ulfah di tahun 1946. Sebelum kemerdekaan Kongres Perempuan ikut terlibat dalam pergerakan internasional dan perjuangan kemerdekaan itu sendiri. Tahun 1973 Kowani menjadi anggota penuh International Council of Women (ICW). ICW berkedudukan sebagai dewan konsultatif kategori satu terhadap Perserikatan Bangsa-bangsa.

Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji keibuan para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, pesta kejutan bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

Obat Cacar air

Obat Tradisional Cacar Air - Cacar air merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penularannya dapat melalui udara, cairan pernafasan, atau kontak langsung dengan kulit penderita cacar. (wikipedia).

Gejala Cacar Air
Cacar air biasanya ditandai dengan timbulnya demam ringan, sakit kepala, pilek, nafsu makan berkurang, dan munculnya bintik merah pada kulit yang berbentuk gelembung dan berisi cairan (ruam). Ruam tersebut umumnya terasa gatal dan nyeri.

Banyak yang beranggapan kalau cacar air hanya akan menyerang satu kali seumur hidup, padahal cacar air dapat menyerang siapa saja, termasuk yang sudah pernah terkena cacar sekalipun, meskipun kemungkinannya kecil.

Perawatan Cacar Air
Untuk merawat penderita cacar air, simak tips berikut:
- Mandi dengan air hangat.
- Taburi bedak anti gatal pada bagian kulit yang terkena cacar.
- Ganti baju lebih sering.
- Jangan menggaruk bagian yang terkena cacar.

Obat Tradisional Cacar Air
Untuk mengobati cacar air, dapat menggunakan resep obat herbal berikut:

Obat Cacar Air (Topikal)
Untuk pemakain luar, gunakan campuran kunyit dengan daun asam jawa secukupnya yang sebelumnya telah dicuci dan dihaluskan. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air.

Obat Cacar (Oral)
Untuk obat minum, dapat menggunakan 2 buah mengkudu matang yang telah di jus. Lalu minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Semoga resep obat tradisional cacar air ini bermanfaat bagi anda yang tengah mengalami cacar air.

Kamis, 22 Desember 2011

Alamat Perusahaan Asing Di Indonesia


1. BRITISH PETROLEUM
Perkantoran Hijau Arkadia, Tower D
Jl. TB. Simatupang, Kav.88
Jakarta 12520
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
2. BRITISH GAS INTERNATIONAL LIMITED
Setiabudi Atrium Building, Suite 810
Jl. H.R. Rasuna Said Kav.62
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
3. ANADIAN PETROLEUM INDONESIA
Aminta House 4th Floor
Jl. Letjen TB Simatupang Kav.10
Jakarta 12430
Attention : Manager Of Human Resources Development

4. CONOCO INDONESIA
Mulia Tower 5th Floor
Jl. Gatot Subroto Kav 9-11
Jakarta 12930
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
5. ENERGY EQUITY, LTD
Plaza 89 – Suite 802
Jl. H.R Rasuna Said Kav.X-7/No.6
Jakarta 12940
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

6. EXXONMOBIL OIL INDONESIA
Wisma GKBI, 27th-30th Floor
Jl. Jenderal Sudirman 28
Jakarta 10012
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
7.GULF INDONESIA RESOURCES
Wisma 46, Kota BNI, 20th – 29th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav I
Jakarta 10220
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
8.HUSKY OIL INTERNATIONAL
Sentra Mulia Suite 811
Jl.H.R. Rasuna Said, X-6/No.8
Jakarta 12940
Attention : Manager Of Human Resources Development

9.KALREZ PETROLEUM LTD.
Wisma Pondok Indah Room 306
Jl. Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah
Jakarta 12310
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
10.KUFPEC INDONESIA
Menara Citibank, 6th Floor
Jl. Metro Pondok Indah Kav.II BA
Jakarta 12310
Attention : Manager Of Human Resources Development
11. LASMO RUNTU
Ratu Plaza Office Tower 28th Floor
Jl.Jend.Sudirman No.9
Jakarta 10270
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

12. MAERSK OIL INDONESIA
Wisma Bonauli, 5th Floor
Jl. TB. Simatupang Kav.15
Jakarta 12016
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
13. PREMIER OIL
Plaza City View 1st Floor
Jl. Kemang Timur No.22
Jakarta 12560
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
14.PERMINTRACER PETROLEUM
Wisma Pondok Indah, Suite 508
Jl. Sultan Iskandar Muda Block V TA
Jakarta 12310
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

15. PHILLIPS OIL COMPANY
Mid Plaza 2, 25th Floor
Jl.Jend.Sudirman Kav 10-11
Jakarta 10220
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
16.SHELL COMPANIES IN INDONESIA
S. Widjojo Center, 4th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.71
Jakarta 12190
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
17.TALISMAN (ASIA)
Setiabudi Atrium Suite 410
Jl. H.R. Rasuna Said Kav.62
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

18. TOTAL INDONESIE E&P
Kuningan Plaza 9th Floor, North Tower, Suite 901
Jl. H.R. Rasuna Said C11-14
Jakarta 12940
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
19.UNOCAL INDONESIA
Sentral Senayan I Office Tower 11th Floor
Jl. Asia Afrika No.8
Jakarta 10270
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
20. VIRGINIA INDONESIA CO (VICO)
Kuningan Plaza, South Tower 11th Floor
Jl. H.R. Rasuna Said, C11-14
Jakarta 12940
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

21. YPF MAXUS SOUTHEAST SUMATRA
Jakarta Stock Exchange Bld, 7th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav.52,
Jakarta 12190
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
Private Oil Companies
PT. BINA WAHANA PETRINDO
BCD Tower 6th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav.26
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. CITRA PATENINDO NUSAPRATAMA
Graha Simatupang Tower 1 D, 4th Floor
Jl. TB. Simatupang Kav.38
Jakarta 12540
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. EPS PETROLEUM
Jl. Cikini II/1A
Jakarta 10330
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. EXSPANS KALIMANTAN
Bidakara Bidg.12th-17th Floor
Jl.Jend.Gatot Subroto Kav.71-73
Jakarta 12870
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. EXSPANS SUMATRA
Bidakara Bldg 12th-17th Floor
Jl.Jend. Gatot Subroto Kav.71-73
Jakarta 12870
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. GARIS ASTA TUNGGAL
Menara Imperium 9th Floor, Suite B
Jl. H.R. Rasuna Said Kav.1A
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

GOLDEN SPIKE LTD (PT.KODEL)
Menara Rajawali, 20th Floor
Kawasan Mega Kuningan
Jl. Mega Kuningan Lot 51
Jakarta 12950
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. GUNAKARSA ENERGY
Sutinah Bldg, 3rd Floor
Jl. Kemang Raya 2 A
Jakarta 12730
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. HUMPUSS PATRAGAS
Jl. Taman Patra I/14
Jakarta
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. INDOSPEC ASIA
Prince Center II 11th Floor
Jl.Jend.Sudirman 3-4
Jakarta 10220
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. INSANI BINA PERKASA
Indayu Building
Jl.Kwitang Raya No.13
Jakarta 10420
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
IRIAN JAYA GAS & OIL CO.
Menara Cakrawala 19th Floor
Jl. M.H. Thamrin No.9
Jakarta 10340
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
KONDUR PETROLEUM
Landmark Center, Tower A 12th Floor
Jl.Jend.Sudirman No.1
Jakarta 12910
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

LAPINDO BRANTAS
Setiabudi Building I, 2nd Floor Blok B4
Jl. HR. Rasuna Said Kav 62
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. MAYUMI MEGAKERTA SASANA
Jl. Tebet dalam IV No.85
Jakarta
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. PATRINDO PERSADA MAJU
Jl. Sutan Hasanudin 28
Jakarta 12160
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. PELANGI HAURGEULIS RESOURCES
Kanindo Plaza 9th Floor
Jl. Gatot Subroto Kav.23
Jakarta 12930
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. PERMINDO PERLAK
Bakrie Building, 3rd Floor
Jl.Rasuna Said, Kuningan
Jakarta 12920
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. PETRONUSA BUMIBAKTI
JL. Tanah Abang II 4th Floor
Jakarta 10160
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. RADIANT ENERGY
Jl. Kapten tendean No.24
Jakarta 12720
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
SABA JATILUHUR LTD
Menara DEA 3rd Floor
Kawasan Mega Kuningan
Jl. Mega Kuningan Barat IX
Kav.F4.3/1
Jakarta 12950
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

SAGA PETROLEUM INDONESIA
Graha Pratama, 11th Floor
Jl. M.T Haryono Kav.15
Jakarta 12810
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. SEMBRANI PERSADA OIL
LandMark center, Tower A, Suite 905
Jl. Jend.Sudirman No.1
Jakarta 12910
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. SIDDHAKARYA PILONA
Gedung Enterprise, Suite 501
Jl. H.R Rasuna Said Kav.C5
Jakarta 12940
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. SURYARAYA TELADAN
Kharisma Building B11 Floor
Jl. Kelapa Gading Blvd DB 1-3
Jakarta 14240
Attention : Manager Of Human Resources Development

TRIDENT PETROLEUM LTD
Jl. Wijaya I/IIA
akarta 12170
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. WESTERN MADURA
Plaza City View 3rd Floor
jl. Kemang Timur No.22
Jakarta 12510
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
WIRABUANA PETROLINDO
Wisma Dharma Niaga 2nd Floor
Jl. Abdul Muis 6-8-10
Jakarta 10160
Attention : Manager Of Human Resources Development

Oil Field Service Companies
ATLAS WIRELINE INDONESIA
Building 404W, Cilandak Commercial Estate
Jl. Cilandak KKO
Jakarta 12560
Attention : Manager Of Human Resources Development
BAROID INDONESIA
Lippo Life Building, Suite 202
Jl. H.R Rasuna Said Kav.B 10
Jakarta
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
DOWELL SCHLUMBERGER
Sentra Mulia Building, Suite 1711, 17th Floor
Jl. H.R Rasuna Said Kav.X-*
Jakarta 12940
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
ELNUSA SCHLUMBERGER LOG INTERPRETATION
Jl. Jend S. Parman KO. 105
Jakarta 11440
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

HALLIBURTON INDONESIA
Cilandak Commercial Estate #106
Jl. Cilandak KKO
Jakarta
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
SCHLUMBERGER GEOPHYSICS NUSANTARA
Suite 1601, 16th Floor Sentral Mulia
Jl. H.R Rasuna Said, Kav.X-6, No.8
Jakarta
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
AMEC BERCA
CCM Building 4th Floor
Jl. Cikini Raya No.95
Jakarta 10330
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. ABADI NUSA USAHASEMESTA
Jl. Raden Saleh 45G
P.O. Box 4583
Jakarta 10001
Attention : Manager Of Human Resources Development
Mc Donald’s Indonesia Family Restaurant
PLAZA BAPINDO II, 3rd Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav 54-55
JAKARTA 12190
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. SATELIT PALAPA INDONESIA
Jl. Daan Mogot Km.11
Jakarta Barat 11710
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. MOTOROLA INDONESIA
Gedung BRI II, Lt.30 Suite 3001
Jl.Jend.Sudirman Kav.44-46
Jakarta 10210
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
SURVEYOR INDONESIA
ADHI GRAHA BUILDING 10th Floor
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.56
Jakarta 12950
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. SIEMENS INDONESIA
SIEMENS BUSINESS PARK, BUILDING A
Jl. MT.Haryono Kav. 58-60
Jakarta 12780
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. INDOSAT
Jl. Medan Merdeka Barat
Jakarta 10110
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
TELKOMSEL
GRAHA SURYA INTERNUSA
Jl. H.R Rasuna Said Kav. X-O
Jakarta 12950
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. CARDIG EXPRESS NUSANTARA
Halim Perdana Kusuma Airport
Jakarta 13610
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
PT. CEMEX INDONESIA
24th Floor, JAKARTA STOCK EXCHANGE, TOWER II
Jl. Jend.Sudirman Kav 52-53
JAKARTA 12190
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
The Indonesia Electrical Power Society
Gedung PT. PLN (Persero) Lt.1
Jl.Jend.Gatot Subroto Kav.18
Jakarta 12950
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development

PT. COCA COLA AMATIL INDONESIA
Jl. Teuku Umar Km.46
Cibitung Bekasi
17520
INDONESIA
Attention : Manager Of Human Resources Development
sumber: www.ajangkita.com

Selasa, 20 Desember 2011

Low minute volume

The minute ventilation (MV) is the product of respiratory rate (RR) x tidal volume (VT).  This alarm needs to be set up carefully when the baby is first ventilated.  The easiest way is to go the alarm screen and press the "+/- 30%" button - this then sets the alarm settings 30% above and below the current MV.
However, MV can change, particularly if the baby's respiratory effort is changing or if there is a variable leak affecting the measured expired VT.  Most commonly, this is when the baby is breathing well and having each breath assisted (as in PSV), then has a pause.  Clearly, if the RR halves and the VT remains the same, then MV halves also.
There is no safe and easy way around this alarm.  The easy way, of course, is to set the lower alarm limit at zero and the upper alarm limit at something unachievable, but this is not safe.  For babies with large leaks, however, it may be necessary to set the lower limit to zero.
Again, the key is to think about why the MV has changed, and whether this reflects a problem with measurement (leak), respiratory effort (respiratory rate/apnoea), or a change in compliance (with VT changing for the same pressure measurements).

Refurbished Drager Evita 4

Drager Evita 4 Ventilator True

Product Description

The Dräger Evita 4 is a ventilator for every patient population. The Evita 4 was designed to meet the demanding requirements of the ICU environment by improving the interactions between patient, ventilator and clinician. The functional touch screen continually provides the clinician information on ventilator settings, patient measurements and advanced trending capabilities which enhances the operation of the device. Unique features and modalities such as AutoFlow™ and APRV are standard on all Evita 4 ventilators.

One ventilator for every patient population

Neonatal, pediatric, adult – Evita 4 can be used to ventilate any patient category, reducing the amount of staff training required and ensuring greater resource flexibility.
The neonatal option, NeoFlow™, offers flow measurement at the Y-piece for precise volume and leak monitoring with accurate, responsive triggering to patient effort.

Intuitive user interface

Configurable trends, loops, measured values, curves and logbook are displayed on the full-color screen for a complete customized overview of the ventilation therapy. The user-friendly display shows only the active control elements to ensure immediate recognition of the required settings. The robust touch screen combines highly flexible operation with direct access to rotary knobs and keys.

Excellent weaning performance

PCV+/ BIPAPTM*, the universal mode for ventilation and weaning, gives a patient the freedom to breathe spontaneously at any time, reducing the need for sedation and invasiveness of ventilation to optimize the patient’s ability to wean off the ventilator. Automatic Tube Compensation (ATC™) gives a patient the feeling of virtual extubation by eliminating the work involved in breathing through an endotracheal tube, improving the weaning process.

Conventional and mask ventilation

Mask ventilation can complement the weaning process by reducing the reintubation rate or even preventing intubation in the first place. The fact that Evita 4 offers the alternative of mask ventilation (NIV) means you only need one device for conventional and non-invasive ventilation.

Upgradeability

Evita 4 is based on a concept of innovative continuity. The device’s modular design ensures upgradeability and upward compatibility while the user interface and sensors, for example, are based on the continuity principle to guarantee a high degree of familiarity.

A record of innovation

The Evita 4 story has been marked by a series of advances in ventilation therapy, ATC was introduced in 1997 to achieve virtual extubation, NeoFlow in 1998 for neonatal ventilation, and NIV in 2001 to make mask and conventional ventilation possible from a single device.

Safe investment

Even the first Evita 4 machines can be upgraded to include all the features of the latest models – clear evidence that Evita 4 is a good investment.

Basic research

Dräger Medical still invests a significant proportion of its human and financial resources in basic research – because we know this is a vital prerequisite for innovation and will continue to be so in the future.

TECHNICAL SPECIFICATIONS

Ventilation Settings
  • Ventilation Mode:
    - IPPV, IPPVAssist (CMV, CMVAssist)
    - SIMV, SIMVASB (SIMV, SIMV/Psupp)
    - MMV, MMVASB (MMV, MMV/Psupp)
    - BIPAP1), BIPAP1)ASB, BIPAP1)Assist (PCV+, PCV+/Psupp, PCV+Assist)
    - APRV
    - CPAP, CPAPASB (CPAP, CPAP/Psupp)
    - ILV
    - PPS (optional)
  • Enhancements:
    - AutoFlowTM – Automatic adaptation of inspiratory flow in volume controlled modes
    - ATCTM – Automatic Tube Compensation (optional)
    - NIV – Mask Ventilation (optional)
  • Ventilation frequency (f): 0 to 100 /min, 0 to 150 /min (Neonatal)
  • Inspiration time (Tinsp: 0.1 to 10 s
  • Tidal volume (VT) (BTPS):
    - 0.1 to 2.0 L (Adult)
    - 0.02 to 0.3 L (Pediatric)
    - 0.003 to 0.1 L (Neonatal)
  • Inspiratory flow
    - 6 to 120 L/min (Adult)
    - 6 to 30 L/min (Pediatric and Neonatal)
  • Inspiratory pressure: 0 to 80 mbar (cmH2O)
  • PEEP / intermittent PEEP: 0 to 35 mbar (cmH2O)
  • Pressureassist (PASB) (Psupp): 0 to 80 mbar (cmH2O)
  • Rise time for inspiratory pressure: 0 to 2 s
  • O2 concentration: 21 to 100 Vol.%
  • Trigger sensitivity: 0.3 to 15 L/min
Measured values displayed
  • Airway pressure: Peak pressure, plateau pressure, mean pressure, PEEP, min. pressure (0 to 99 mbar/cmH2O)
  • Minute volume (MV), (BTPS): MV, MVspont, MVleak (0 to 99 L/min)
  • Tidal volume (VT), (BTPS): Inspired VT, expired VT, VTPS (0 to 3999 mL)
  • Breathing frequency (f): ftotal, fspon, fmand. (0 to150/bpm)
  • O2 concentration (FiO2): Inspired O2 concentration (15 to 100 Vol.%)
  • Lung mechanics
    - Resistance ((0.0 to 600 mbar/L/s) (cmH2O/L/s)
    - Compliance ((0.0 to 300 mL/mbar) (mL/cmH2O)
  • Breathing gas temperature: 18° to 51°C
  • Waveforms: Airway pressure-time, flow-time, volume-time, ...
  • Trends (8 anyone configurable): FiO2, MV, VT, f, PEEPi, R, C, etCO2, ...
  • Loops: Paw-V, V-Flow, Flow-Paw, ...
  • Capnography (etCO2) (optional): 0 to 100 mmHg
  • CO2 production (VCO2): 0 to 999 mL/min, STPD*
  • Serial dead space Vds: 0 to 999 mL, BTPS*
  • Dead space ventilation (Vds/VT): 0 to 99 %
  • O2 saturation: SpO2, pulse
Alarms / Monitoring
  • Airway pressure: High / Low
  • Expired minute volume: High / Low
  • Tidal volume: High
  • Apnea alarm time: 5 to 60 s
  • Spontaneous breath frequency: High
  • Inspired O2 concentration: High / Low
  • Breathing gas temperature: High
  • SpO2 pulse (optional): High / Low
  • etCO2 (optional): High / Low
Performance data

  • Max. flow for pressure support and spontaneous breathing: 180 L/min (adult), 60 L/min (pediatric)

  • Valve response time: T0...90 ≤ 5 ms

  • Control principle: Time cycled, volume constant, pressure-controlled

  • Safety relief valve: 100 mbar (cmH2O)

  • Leakage compensation
    Hose system compensation
    Outlet for pneumatic nebulizer
    Operating data
    • Mains power connection: 110 to 240 V, 50/60 Hz, 10 to 30 V DC (optional)
    • Power consumption: Approx. 125 W
    • Gas supply operating pressure: O2, air: 2.7 to 6 bar / 39 to 87 PSI
    Physical Specifications
    • Dimensions ventilator (without trolley): 530W x 290H x 450D cm (20.9 x 11.4 x 17.7 inches)
    • Weight basic unit Approx. 29 kg (64 lbs.)
    Machine outputs
    • Digital output: Output and reception via an RS 232 C interface
    • Digital output: Output for independant lung ventilation (ILV)
    • Digital output: (optional) For output and reception via two RS 232 C interfaces
    • Analog output (optional): For analog output of two measured values

    Senin, 19 Desember 2011

    Cahaya Alloh SWT akan jauh dari pelaku maksiat

    cahaya_Allah_maksiat_menghafal_al_quranSudah ma’ruf perkataan Imam Syafi’i di tengah-tengah kita mengenai jeleknya hafalan karena sebab maksiat. Tulisan ini sebagai ibrah bagi kita bahwa maksiat bisa mempengaruhi jeleknya hafalan dan mengganggu ibadah kita.
    Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata,
    شَكَوْت إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي فَأَرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ الْمَعَاصِي وَأَخْبَرَنِي بِأَنَّ الْعِلْمَ نُورٌ وَنُورُ اللَّهِ لَا يُهْدَى لِعَاصِي
    Aku pernah mengadukan kepada Waki’ tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa  ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.” (I’anatuth Tholibin, 2: 190).
    Padahal Imam Syafi’i sebenarnya orang yang hafalannya sungguh amat luar biasa. Diriwayatkan dari Imam Asy Syafi’i, ia berkata, “Aku telah menghafalkan Al Qur’an ketika berumur 7 tahun. Aku pun telah menghafal kitab Al Muwatho’ ketika berumur 10 tahun. Ketika berusia 15 tahun, aku pun sudah berfatwa.” (Thorh At Tatsrib, 1: 95-96). Sungguh luar biasa hafalan beliau rahimahullah.
    Namun kenapa hafalan beliau bisa terganggu?
    Ketika itu Imam Syafi’i mengadukan pada gurunya Waki’. Beliau berkata, “Wahai guruku, aku tidak dapat mengulangi hafalanku dengan cepat. Apa sebabnya?” Gurunya, Waki’ lantas berkata, “Engkau pasti pernah melakukan suatu dosa. Cobalah engkau merenungkan kembali!”
    Imam Syafi’i pun merenung, ia merenungkan keadaan dirinya, “Apa yah dosa yang kira-kira telah kuperbuat?” Beliau pun teringat bahwa pernah suatu saat beliau melihat seorang wanita tanpa sengaja yang sedang menaiki kendaraannya, lantas tersingkap pahanya [ada pula yang mengatakan: yang terlihat adalah mata kakinya]. Lantas setelah itu beliau memalingkan wajahnya.
    Lantas keluarlah sya’ir yang diucapkan di atas. Inilah tanda waro’ dari Imam Asy Syafi’i, yaitu kehati-hatian beliau dari maksiat. Beliau melihat kaki wanita yang tidak halal baginya, lantas beliau menyebut dirinya bermaksiat. Sehingga ia lupa terhadap apa yang telah ia hafalkan. [1]
    Hafalan beliau bisa terganggu karena ketidak-sengajaan. Itu pun sudah mempengaruhi hafalan beliau. Bagaimana lagi pada orang yang senang melihat wajah wanita, aurat mereka atau bahkan melihat bagian dalam tubuh mereka?!
    Sungguh, kita memang benar-benar telah terlena dengan maksiat. Lantas maksiat tersebut menutupi hati kita sehingga kita pun sulit melakukan ketaatan, malas untuk beribadah, juga sulit dalam hafalan Al Qur’an dan hafalan ilmu lainnya.
    Allah Ta’ala berfirman,
    كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
    Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.” (QS. Al Muthoffifin: 14).
    Al Hasan Al Bashri rahimahullah berkata, “Yang dimaksudkan dalam ayat tersebut adalah dosa di atas tumpukan dosa sehingga bisa membuat hati itu gelap dan lama kelamaan pun mati.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, 14: 268).
    Mujahid rahimahullah mengatakan, “Hati itu seperti telapak tangan. Awalnya ia dalam keadaan terbuka dan jika berbuat dosa, maka telapak tangan tersebut akan tergenggam. Jika berbuat dosa, maka jari-jemari perlahan-lahan akan menutup telapak tangan tersebut. Jika ia berbuat dosa lagi, maka jari lainnya akan menutup telapak tangan tadi. Akhirnya seluruh telapak tangan tadi tertutupi oleh jari-jemari.” (Fathul Qodir, Asy Syaukani, Mawqi’ At Tafasir, 7: 442).
    Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Jika hati sudah semakin gelap, maka amat sulit untuk mengenal petunjuk kebenaran.” (Ad Daa’ wad Dawaa’,107.)
    Al Fudhail bin ‘Iyadh berkata,
    بقدر ما يصغر الذنب عندك يعظم عند الله وبقدر ما يعظم عندك يصغر عند الله
    “Jika engkau menganggap dosa itu kecil, maka itu sudah dianggap besar di sisi Allah. Sebaliknya, jika engkau mengganggap dosa itu begitu besar, maka itu akan menjadi ringan di sisi Allah.”
    Imam Ahmad berkata bahwa beliau pernah mendengar Bilal bin Sa’id menuturkan,
    لا تنظر إلى صغر الخطيئة ولكن انظر إلى عظم من عصيت
    “Janganlah engkau melihat pada kecilnya dosa. Akan tetapi lihatlah pada agungnya siapa yang engkau maksiati (yaitu Allah Ta’ala).”[2]
    Ya Allah, berilah taufik pada kami untuk mudah melakukan ketaatan dan menjauhi maksiat serta berilah hidayah pada kami untuk giat bertaubat.
    اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ
    Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot, wa tarkal munkaroot. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan berbagai kebajikan dan meninggalkan berbagai kemungkaran.
    Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.

    hukum memakai baju warna merah

    baju kuning merahSegala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
    Beberapa hari di pikiran ini menemukan sedikit problema. Ketika kami mengajarkan kitab fiqa
    Perlu diketahui suatu kaedah yang biasa disampaikan oleh para ulama, “Hukum asal pakaian adalah mubah (artinya: dibolehkan)”. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,
    هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
    Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah: 29)
    Oleh karena itu, barangsiapa yang mengklaim bahwa pakaian warna tertentu itu haram atau terlarang dikenakan, tentu saja ia harus membawakan dalil. Jika tidak ada dalil, maka asalnya dibolehkan.
    Tiga Warna Pakaian Pria yang Ditinjau
    Para ulama berselisih pendapat mengenai hukum warna pakaian laki-laki dalam tiga masalah berikut.
    1. Warna merah polos yang tidak bercampur dengan warna lainnya. Sedangkan jika warna merah pada pakaian tersebut bercampur dengan warna lainnya, maka ini dibolehkan berdasarkan kesepakatan para ulama.
    2. Warna yang dicelup dengan ‘ushfur (sejenis tumbuhan dan menghasilkan warna merah secara dominan[1]). Adapun jika menghasilkan warna merah selain dengan ‘ushfur, maka termasuk dalam pembahasan nomor satu.
    3. Warna yang dicelup dengan za’faron (sejenis tumbuhan yang menghasilkan warna kuning). Adapun jika dicelup dengan warna kuning dari selain za’faron, seperti ini dibolehkan berdasarkan kesepakatan para ulama.[2]
    'ushfurTanaman 'ushfur (english: Safflower)

    tanaman za'faronTanaman za'faron (english: Safron)
    Pakaian yang Dicelup ‘Ushfur
    Pakaian ini terlarang berdasarkan hadits-hadits berikut ini:
    Hadits ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash,
    حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنِى أَبِى عَنْ يَحْيَى حَدَّثَنِى مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ أَنَّ ابْنَ مَعْدَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّ جُبَيْرَ بْنَ نُفَيْرٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَخْبَرَهُ قَالَ رَأَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَلَىَّ ثَوْبَيْنِ مُعَصْفَرَيْنِ فَقَالَ « إِنَّ هَذِهِ مِنْ ثِيَابِ الْكُفَّارِ فَلاَ تَلْبَسْهَا ».
    Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna; Telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam; Telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Yahya; Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits; Bahwa Ibnu Ma'dan; Telah mengabarkan kepada kaminya, Jubair bin Nufair; Telah mengabarkan kepadanya, dan 'Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash; Telah mengabarkan kepadanya, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melihat aku memakai dua potong pakaian yang dicelup ‘ushfur, lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya ini adalah pakaian orang-orang kafir, maka janganlah kamu memakainya.” (HR. Muslim no. 2077)
    Dalam riwayat lainnya disebutkan,
    حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ أَيُّوبَ الْمَوْصِلِىُّ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ نَافِعٍ عَنْ سُلَيْمَانَ الأَحْوَلِ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ رَأَى النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَلَىَّ ثَوْبَيْنِ مُعَصْفَرَيْنِ فَقَالَ « أَأُمُّكَ أَمَرَتْكَ بِهَذَا ». قُلْتُ أَغْسِلُهُمَا. قَالَ « بَلْ أَحْرِقْهُمَا ».
    Telah menceritakan kepada kami Daud bin Rusyaid; Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Ayyub Al Mushili; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Nafi' dari Sulaiman Al Ahwal dari Thawus dari 'Abdillah bin 'Amru ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah melihat saya sedang mengenakan dua potong pakaian yang dicelup ‘ushfur, maka beliau bersabda, "Apakah ibumu yang menyuruh seperti ini?" Aku berkata, “Aku akan mencucinya”. Beliau bersabda: 'Jangan, akan tetapi bakarlah.' (HR. Muslim no. 2077)
    Hadits ‘Ali bin Abi Tholib,
    حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حُنَيْنٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَلِىِّ بْنِ أَبِى طَالِبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ لُبْسِ الْقَسِّىِّ وَالْمُعَصْفَرِ وَعَنْ تَخَتُّمِ الذَّهَبِ وَعَنْ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ فِى الرُّكُوعِ.
    Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya ia berkata; 'Aku membaca Hadits Malik dari Nafi' dari Ibrahim bin 'Abdullah bin Hunain dari Bapaknya dari 'Ali bin Abi Thalib, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarang berpakaian yang dibordir (disulam) dengan sutera, memakai pakaian yang dicelup ‘ushfur, memakai cincin emas, dan membaca Al Qur'an saat ruku’." (HR. Muslim no. 2078)
    Para ulama berselisih pendapat mengenai pakaian yang dicelup ‘ushfur. Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in dan ulama sesudahnya membolehkan mengenakan pakaian semacam itu. Pendapat ini juga dipilih oleh Imam Asy Syafi’i, Imam Abu Hanifah, dan Imam Malik. Akan tetapi, Imam Malik berkata bahwa lebih baik selain pakaian tersebut. Sekelompok ulama lainnya memakruhkannya karena larangan yang dimaksudkan dibawa kepada hadits di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengenakan pakaian hullah hamro’ (pakaian berwarna merah). Sebagaimana Al Barro’ bin ‘Azib berkata,
    كَانَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - مَرْبُوعًا ، وَقَدْ رَأَيْتُهُ فِى حُلَّةٍ حَمْرَاءَ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْهُ
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah seorang laki-laki yang berperawakan sedang (tidak tinggi dan tidak pendek), saya melihat beliau mengenakan pakaian merah, dan saya tidak pernah melihat orang yang lebih bagus dari beliau” (HR. Bukhari no. 5848)
    Dalam riwayat Muslim, Al Barro’ bin ‘Azib mengatakan,
    كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَجُلاً مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ عَظِيمَ الْجُمَّةِ إِلَى شَحْمَةِ أُذُنَيْهِ عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ -صلى الله عليه وسلم-.
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam itu berperawakan sedang, perpundak bidang, rambutnya lebat terurai ke bahu hingga sampai kedua cuping telinganya. Pada suatu ketika, beliau pernah mengenakan pakaian berwarna merah, tidak ada seorangpun yang lebih tampan dari beliau (HR. Muslim no. 2337)
    Juga ada riwayat dari Ibnu ‘Umar yang menceritakan,
    وَأَمَّا الصُّفْرَةُ فَإِنِّى رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - يَصْبُغُ بِهَا ، فَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَصْبُغَ بِهَا
    Adapun warna kuning, maka sungguh aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencelup dengannya. Aku pun senang mencelup dengan warna tersebut.” (HR. Bukhari no. 5851 dan Muslim no. 1187)
    Sebagian ulama memaksudkan larangan pakaian yang dicelup ‘ushfur adalah larangan bagi orang yang berihrom dengan haji atau umroh sebagaimana maksud dari hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma.
    Al Baihaqi mengatakan, “Imam Asy Syafi’i melarang memakai pakaian yang dicelup za’faron dan membolehkan pakaian yang dicelup ‘ushfur. Imam Asy Syafi’i mengatakan, “Pakaian yang dicelup ‘ushfur diberi keringanan karena aku belum mendapati dalil larangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang masalah ini kecuali riwayat dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu yang menyatakan bahwa beliau dilarang menggunakan pakaian semacam itu. Sedangkan dalam hadits tersebut tidak dikatakan, “Kalian telah dilarang”. Al Baihaqi lantas mengatakan, “Telah datang dalil tegas yang melarang (pakaian yang dicelup ‘ushfur) secara umum. Juga terdapat hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash yang dikeluarkan oleh Imam Muslim yang melarang pakaian semacam itu.” Al Baihaqi lantas menegaskan,
    وَلَوْ بَلَغَتْ هَذِهِ الْأَحَادِيث الشَّافِعِيّ لَقَالَ بِهَا إِنْ شَاءَ اللَّه
    “Seandainya hadits-hadits (yang melarang pakaian yang dicelup ‘ushfur) sampai pada Imam Asy Syafi’i tentu beliau akan menjadikannya sebagai dalil, insya Allah.”
    Terdapat riwayat shahih dari Imam Asy Syafi’i, beliau sendiri mengatakan,
    إِذَا كَانَ حَدِيث النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِلَاف قَوْلِي فَاعْمَلُوا بِالْحَدِيثِ ، وَدَعُوا قَوْلِي ، وَفِي رِوَايَة : فَهُوَ مَذْهَبِي
    “Jika ada hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyelisihi pendapatku, maka beramallah dengan hadits tersebut dan tinggalkanlah pendapatku.” Dalam riwayat disebutkan, “Pendapat (yang sesuai hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) tersebut itulah sebenarnya yang jadi pendapatku.”[3]
    Pendapat yang tepat dalam masalah ini adalah bahwa memakai pakaian yang dicelup ‘ushfur adalah haram karena hukum asal larangan (dalam hadits) adalah haram. Adapun baju merah yang dikenakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka merah pada baju tersebut bukan karena menggunakan ‘ushfur namun karena dicelup warna merah dengan zat selain ‘ushfur.[4]
    Pakaian yang Dicelup Za’faron
    Mengenai larangan menggunakan pakaian yang dicelup za’faron disebutkan dalam hadits Anas yang muttafaqun ‘alaih (dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim). Anas berkata,
    نَهَى النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - أَنْ يَتَزَعْفَرَ الرَّجُلُ
    Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang laki-laki mencelup dengan za'faran.” (HR. Bukhari no. 5846 dan Muslim no. 2101)
    Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin mengatakan, “Pendapat yang tepat, haram memamai pakaian yang dicelup ‘ushfur, begitu pula za’faron”.[5]
    Sebagaimana dinukil oleh Al Baihaqi, Imam Asy Syafi’i mengatakan, “Aku melarang laki-laki mengenakan pakaian yang dicelup za’faron. Jika pakaiannya seperti itu, aku perintahkan untuk dicuci.” Al Baihaqi lantas mengatakan, “Jika beliau mengikuti petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam larangan pakaian yang dicelup za’faron, maka untuk larangan pakaian yang dicelup ‘ushfur lebih pantas untuk diikuti.”[6]
    Pakaian yang Bercorak Merah atau Kuning
    Mengenai pakaian yang tidak polos merah atau kuning (bercorak dicampur dengan warna lain), dibolehkan berdasarkan kesepakatan para ulama. Sebagaimana dikatakan oleh An Nawawi rahimahullah,
    يجوز لبس الثوب الابيض والاحمر والاصفر والاخضر والمخطط وغيرها من ألوان الثياب ولا خلاف في هذا ولا كراهة في شئ منه قال الشافعي والاصحاب وأفضلها البيض
    “Boleh menggunakan pakaian yang bergaris merah, kuning, hijau dan warna pakaian yang bercorak lainnya. Hal ini berdasarkan kesepakatan (ijma’) para ulama. Warna pakaian yang bercorak semacam itu tidaklah makruh sedikit pun. Inilah yang dikatakan oleh Imam Asy Syafi’i dan pengikutnya. Namun yang paling afdhol adalah mengenakan pakaian berwarna putih.”[7]
    Bolehkah Memakai Pakaian Berwarna Kuning?
    Jawabannya, asalnya boleh. Hal ini berdasarkan kesepakatan para ulama karena pakaian kuning yang  terlarang apabila merupakan hasil celupan za’faron atau ‘ushfur sebagaimana disebutkan dalam penjelasan di atas.
    Dalam Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah disebutkan,
    اتّفق الفقهاء على جواز لبس الأصفر ما لم يكن معصفراً أو مزعفراً
    “Para pakar fiqih sepakat dibolehkannya memakai pakaian berwarna kuning asalkan bukan hasil dari celupan ‘ushfur atau za’faron.”[8]
    Dari sini, jika pakaian kuning berasal dari zat warna sintetik seperti pada pakaian yang kita temukan saat ini, maka seperti itu tidaklah masalah. Wallahu a’lam.
    Sedangkan sebagian orang menerjemahkan pakaian “mua’shfar” (yang dicelup ‘ushfur) dengan artian pakaian warna kuning, kami rasa ini keliru, karena ‘ushfur lebih dominan menghasilkan warna merah. Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,
    فَإِنَّ غَالِب مَا يُصْبَغ بِالْعُصْفُرِ يَكُون أَحْمَر
    “Warna dominan yang dihasilkan oleh ‘ushfur adalah warna merah.”[9]
    Bagaimana dengan Pakaian Merah Polos?
    Ada dua macam dalil yang membicarakan masalah ini. Ada yang membolehkan dan ada yang melarang.
    Dalil yang melarang pakaian berwarna merah:
    Hadits Al Baro’ bin ‘Azib, ia berkata,
    نَهَانَا النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - عَنِ الْمَيَاثِرِ الْحُمْرِ وَالْقَسِّىِّ
    Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang kami mengenakan ranjang (yang lembut) yang berwarna merah dan qasiy (pakaian yang bercorak sutera).” (HR. Bukhari no. 5838)
    Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
    نُهِيتُ عَنْ الثَّوْبِ الْأَحْمَرِ وَخَاتَمِ الذَّهَبِ وَأَنْ أَقْرَأَ وَأَنَا رَاكِعٌ
    Aku dilarang untuk memakai kain yang berwarna merah, memakai cincin emas dan membaca Al-Qur'an saat rukuk.” (HR. An Nasai no. 5266. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)
    Dalil yang membolehkan pakaian berwarna merah:
    Hadits Al Barro’ bin ‘Azib, ia berkata,
    كَانَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - مَرْبُوعًا ، وَقَدْ رَأَيْتُهُ فِى حُلَّةٍ حَمْرَاءَ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْهُ
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah seorang laki-laki yang berperawakan sedang (tidak tinggi dan tidak pendek), saya melihat beliau mengenakan pakaian (hullah) merah, dan saya tidak pernah melihat orang yang lebih bagus dari beliau” (HR. Bukhari no. 5848)
    Dalam riwayat Muslim, Al Barro’ bin ‘Azib mengatakan,
    كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- رَجُلاً مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ عَظِيمَ الْجُمَّةِ إِلَى شَحْمَةِ أُذُنَيْهِ عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ -صلى الله عليه وسلم-.
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam itu berperawakan sedang, perpundak bidang, rambutnya lebat terurai ke bahu hingga sampai kedua cuping telinganya. Pada suatu ketika, beliau pernah mengenakan pakaian (hullah) berwarna merah, tidak ada seorangpun yang lebih tampan dari beliau (HR. Muslim no. 2337)
    Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,
    كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يلبس يوم العيد بردة حمراء
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengenakan burdah (kain bergaris) berwarna merah ketika shalat ‘ied.[10]
    Dalil-dalil yang menyebutkan bolehnya pakaian berwarna merah  di sana menggunakan kata “hullah” dan “burdah”. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud burdah dan hullah adalah pakaian yang bergaris merah dan bukan pakaian merah polos.
    Ibnul Qayyim mengatakan,
    كَانَ بَعْض الْعُلَمَاء يَلْبَس ثَوْبًا مُشْبَعًا بِالْحُمْرَةِ يَزْعُم أَنَّهُ يَتْبَع السُّنَّة ، وَهُوَ غَلَط ، فَإِنَّ الْحُلَّة الْحَمْرَاء مِنْ بُرُود الْيَمَن وَالْبُرْد لَا يُصْبَغ أَحْمَر صِرْفًا
    “Sebagian ulama ada yang memakai pakaian merah polos (merah seluruhnya) dan menganggapnya sebagai sunnah. Sungguh ini adalah keliru. Yang dimaksud “hullah” berwarna merah adalah burdah (pakaian bergaris) dari Yaman dan burdah di sini bukanlah pakaian yang dicelup sehingga berwarna merah polos (merah keseluruhan).”[11]
    Sehingga yang tepat dalam masalah ini, pria boleh menggunakan pakaian berwarna merah asalkan tidak polos (tidak seluruhnya berwarna merah). Namun jika pakaian tersebut seluruhnya merah, maka inilah yang terlarang. Inilah pendapat yang lebih hati-hati dan lebih selamat dari khilaf (perselisihan) ulama.
    Sedangkan untuk wanita boleh menggunakan pakaian dengan warna apa saja asalkan bukan warna yang nantinya akan menjadi perhiasan diri di hadapan non mahrom.[12] Adapun yang kita bicarakan pada kesempatan kali ini adalah warna pakaian terlarang bagi pria.
    Alhamdulillah, berkat taufik Allah kami diberikan kemudahan mendapatkan titik terang dalam masalah ini. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat.

    Diselesaikan menjelang Jum’atan di Panggang-GK, 26 Rajab 1431 H (09/07/2010)
    Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal


    [1] Lihat Fathul Bari, 10/305.
    [2] Tulisan ini, kami banyak ambil faedah dari penjelasan Syaikh Sholih Al Munajjid hafizhohullah dalam situsnya Al Islam Sual wa Jawab (http://islamqa.com/ar/ref/72878 dan http://islamqa.com/ar/ref/8341 )
    [3] Lihat penjelasan di atas sampai dengan perkataan Al Baihaqi dan Imam Asy Syafi’i dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 14/54-55.
    [4] Ma’alimus Sunan, 4/179.
    [5] Syarhul Mumthi’, 2/218.
    [6] Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 14/55.
    [7] Al Majmu’, 4/452.
    [8] Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 2/2051.
    [9] Lihat Fathul Bari, 10/305.
    [10] Diriwayatkan oleh Ath Thobroni dalam Al Awsath (7/316).  Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (2/233-234) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh.
    [11] Fathul Bari, 16/415.
    [12] Lihat penjelasan Ibnu ‘Abdil Barr dalam At Tamhid (16/123).

    Sabtu, 17 Desember 2011

    Jawaban Alloh SWT di surat Al- Fatihah

    Pernahkah dalam shalat Anda membaca surat Al-Fatihah dengan terburu-buru?


    Tahukah Anda bahwa di setiap kita selesai membaca satu ayat dalam Al-Fatihah Allah SWT memberikan jawabannya?

    Yap, suatu pagi saya nonton acara penyegaran rohani di salah satu stasiun televisi. Pada sesi tanya jawabnya ada yang menanyakan mengenai jawaban Allah SWT ketika kita membaca Al-Fatihah. Waktu itu sang nara sumber tidak memberikan jawaban yang jelas, mungkin karena si penanya juga tidak jelas dalam mengajukan pertanyaannya. Tapi saya mengerti apa yang dimaksud oleh si penanya, karena saya pernah membaca sekilas tentang itu, cuma lupa di mana . Setelah itu saya jadi penasaran, dan mulai mencari-cari lagi jawaban atas pertanyaan itu.

    Dan inilah jawabannya.

    Pada saat seseorang membaca surat Al-Fatihah, setiap selesai satu ayat, Allah SWT memberikan jawaban. Berikut jawaban Allah SWT:

    Seorang hamba berkata, ''Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.''
    Allah menjawab, "Hamba-Ku telah memuji-Ku."


    Seorang hamba berkata, ''Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.''
    Allah menjawab, "Hamba-Ku memuji-Ku."


    Seorang hamba berkata, ''Raja di Hari Pengadilan.''
    Allah menjawab, "Hamba-Ku mengagungkan Diri-Ku. Hamba-Ku berserah diri kepada-Ku."


    Seorang hamba berkata, ''Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.''
    Allah menjawab, "Inilah antara Aku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta."


    Seorang hamba berkata, ''Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan yang telah Engkau anugerahkan kepada mereka, bukan mereka yang kena murka dan bukan mereka yang sesat.''
    Allah menjawab, "Ini milik hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang ia minta."


    (Hadist Qudsi)

    Maha Besar Allah...

    Betapa Allah SWT sangat sayang pada hambaNya dan menjawab semua doa hambaNya.

    Jadi, mulai sekarang, janganlah terburu-buru saat membaca Al-Fatihah di dalam shalat . Nikmatilah saat-saat kita berdialog langsung dengan Allah SWT dalam khusyuknya shalat yang kita lakukan.
    http://mulyliani.blogspot.com/2010/05/jawaban-dari-allah-ketika-kita-membaca.html

    Kamis, 15 Desember 2011

    Mari kita “peringati” tahun baru Hijriyah!



    Pertama kali Umar bin Khattab berniat meletakkan Kalender tahun Islam, ia mengajak musyawarah para sahabat untuk menentukan momentum apa yang paling tepat untuk dijadikan patokan awal tahun tersebut; apakah kelahiran Rasul, diangkatnya Muhammad saw. menjadi Rasul, wafatnya Rasul, atau Hijrah Rasul dari Makkah ke Madinah? Hingga akhirnya mereka sepakat bahwa Hijrah merupakan event paling tepat untuk mengawali sistem kalender Islam tersebut yang hingga kini dikenal dengan sebutan kalender Hijriyah.
    Jika kita sadari, esensi hijrah itu sendiri bukanlah sekedar eksodus umat Islam dari Makkah menuju Madinah, melainkan upaya penyelamatan ideologi bersama dari serangan kaum kafir Makkah, yang akhirnya teritorial Madinah dapat dijadikan markas untuk aplikasi hukum Islam dalam bentuk ibadah-muamalat hingga urusan keluarga dan Negara. Oleh karenanya bukan tanpa alasan jika Umar bin Khattab menjadikan Hijrah sebagai tonggak sejarah umat Islam.

    Itulah yang perlu kita sadari sekarang, bahwa kita sebagai umat Islam memiliki kesepakatan akidah yang sama, syariat yang sama, dan tujuan yang sama. Maka apa pun perbedaan yang terjadi antara umat Islam selama itu hanya berkisar tentang “kulit luar” saja tidaklah perlu dijadikan alasan untuk berpecah-belah.
    Salah satu sebab yang memicu terjadinya perpecahan tak jarang berangkat dari ikhtilaf cabang syariat yang pada dasarnya itu merupakan konsekuensi logis dari upaya pemahaman para mujtahid terhadap Al-Qur’an maupun Sunnah. Bahkan perbedaan telah terjadi jauh ketika masa Rasulullah dan para salaf shalih. Pun demikian, perbedaan pendapat tersebut tak mencegah mereka untuk tetap menjadi saudara seiman yang tetap rukun.

    Contoh tersebut bisa kita lihat ketika imam Syafi’i menunaikan shalat subuh bersama penganut madzhab Hanafi di masjid Imam mereka (Imam Abu Hanifah) di Baghdad. Dengan jiwa besar beliau meninggalkan pendapatnya sendiri dan tidak membaca doa qunut demi menghormati pendapat almarhum Imam Abu Hanifah dan para pengikutnya. Tapi berbeda dengan dahulu, zaman sekarang tak sedikit dijumpai orang-orang yang –katanya– mengikuti madzhab Syafi’i tapi hanya gara-gara masalah qunut saja bisa jadi saling “menikam.”

    Selain perbedaan pendapat dalam cabang syariah, terkadang fanatisme kelompok tertentu menyebabkan perpecahan yang juga tidak remeh. Lihat saja di negeri kita yang sangat penuh dengan firqah, parpol, ormas, lembaga, forum atau kesatuan apa sajalah yang menyandingkan nama mereka terhadap Islam dan mengaku memperjuangkan Islam. Namun ketika mereka saling bertemu dapat disaksikan betapa sengitnya perdebatan antar mereka yang terkadang sampai pada tahap mencaci dan menganggap diri sendiri paling benar. Entah sesungguhnya ideologi Islam yang mereka perjuangkan atau kelompoknya?

    Allah saja dalam surat Thaha ayat 44 memerintahkan Nabi Musa dan Nabi Harun –‘alaihimassalam– untuk berucapkata dengan lemah-lembut terhadap fir’aun yang jelas-jelas setan paling laknat, lalu bagaimana mungkin seorang muslim begitu fasihnya menggunjing saudaranya yang telah mengikrarkan dua syahadat? Itu sebabnya kacamata fanatisme dapat membutakan mata, sehingga tidak dapat mengambil kebaikan dari orang yang telah dianggap buruk dan tidak bisa memilah keburukan dari orang yang terlanjur dianggap benar.
    Hasan al-Banna pendiri gerakan Ikhwanul Muslimin dalam poin ke delapan dari Ushul al-‘Isyrin-nya menyerukan bahwa perbedaan pendapat dalam permasalahan cabang fikih tidak perlu dijadikan sebab untuk berpecah-belah dalam beragama. Begitu juga Taqiyyuddin an-Nabhani pendiri gerakan Hizbut Tahrir –yang juga semasa dengan Hasan al-Banna ketika belajar di Darul Ulum cabang Universitas Al-Azhar kala itu– terlihat jelas dari puluhan karanganannya akan azzamnya yang kuat untuk persatuan umat.

    Hingga kini beberapa parpol dan pergerakan Islam di berbagai negara termasuk Indonesia banyak terinspirasi dari dua tokoh tersebut. Begitu juga dua tokoh nasional yang cukup berpengaruh; KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan selaku pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia –yang keduanya sempat menuntut ilmu di Makkah dan menjadi murid Syaikh Ahmad Khatib– tersirat dari pancaran ilmu mereka yang mendalam tentang bagaimana menyikapi perbedaan dan keberagaman. Oleh karenanya mereka tidak pernah cek-cok hanya gara-gara masalah rukyat atau hisab.

    Namun begitulah, terkadang murid suka “bandel” akan ajaran gurunya, pengikut seringkali membelot dari ajaran pimpinannya. Atau mungkin ini tafsiran dari sabda Rasulullah saw. 14 abad silam bahwa akan datang suatu masa di mana kaum muslimin dikepung dari berbagai penjuru layaknya hidangan di atas meja, memang jumlah umat muslimin saat itu sangat banyak namun sama sekali tak memiliki kualitas, ibarat buih laut yang selalu dihempas ombak ke pinggir pantai, tak berbobot walaupun sangat “ramai.”
    Hal kedua yang dapat dipahami dari arti sebuah hijrah adalah perpindahan dari era kebodohan (jahiliyyah) menuju era pencerdasan. Jika dulu orang Arab desebut bodoh karena suka mabuk-mabukan dengan perasan anggur dan kurma, maka istilah apa yang lebih tepat jika sekarang mabuk bisa dengan vodka, whisky hingga ganja dan ekstasi. Jika dulu orang Arab suka membunuh bayi perempuan, maka kini tak jarang jika bayi belum lahir pun sudah dibunuh dan diaborsi. Jika dulu pencuri dipotong tangannya karena mengambil 2 dinar, maka kini 2 triliyun pun bisa diambil oleh para pencuri berdasi. Jika dulu perzinahan hanya dapat dilakukan berbeda jenis antara wanita dan lelaki, maka kini “perzinahan” bisa dilakukan antar sesama jenis, bahkan dilegitimasi dan bangga lagi. Na’udzubillah.

    Kebodohan seperti ini jelas merupakan sebuah musuh bersama yang seluruh kaum muslimin sepakat untuk memeranginya, baik sponsornya dari orang non-Islam yang seratus persen kafir maupun orang yang berlabel Islam tapi berideologi kafir. Baik promotornya dari musuh di luar “selimut” maupun di dalam “selimut.” Akan tetapi sebagai manusia biasa yang bukan Malaikat dan bukan Rasul kita hanya diperintah untuk menghukumi seseorang dari aspek dzahir eksternal saja, sedangkan aspek batin internal adalah urusannya dengan Yang Maha Mengetahui di hari nanti.
    Jika telah dipahami adanya common enemy yang wajib diperangi bersama, maka tidak mustahil kalau kelompok Islam yang menjamur itu dapat saling “patungan” untuk sekedar mendirikan stasiun TV Islam Indonesia sebagai corong dakwah, atau menciptakan produk-produk alternatif yang lebih bermutu dari produk israel yang telah diboikot. Namun jika belum, maka tak usah terlalu berharap mengharamkan film Hollywood jika sinetron lokal berbau syirik saja tidak bisa dicekal. Tidak perlu berapi-api mengharamkan bank konvensional jika masih banyak bank “Islami” bahkan BMT yang menggunakan konsep riba namun dibiarkan beroperasi menipu rakyat.

    Itulah sesungguhnya esensi daripada hijrah, yaitu kesepakatan akan akidah yang sama, menuju perbaikan yang sama, dan memiliki musuh yang sama. Namun bagaimana pun upaya manusia, perbedaan memang tak akan dapat dilebur menjadi satu jenis. Oleh karenanya, kita hanya diperintah untuk mengolah keberagaman ini menjadi sebuah “bangunan” yang saling menguatkan. Biarlah yang pasir tetap menjadi pasir, batu menjadi batu. Yang kita harapkan adalah komposisi perpaduan antara batu, pasir, bata dan semen untuk membentuk sebuah bangunan kokoh bernama “Umat Islam.”

    Dengan demikian, “memperingati” tahun baru Hijriyah bukanlah seperti umumnya peringatan tahun baru Masehi dengan ritual kembang apinya yang kurang kontemplatif. “Memperingati” tahun baru Hijriyah juga berarti kilas-balik sejarah dan memahami serta menerapkan filosofi hijrah sebagai sebuah titik-tolak pembebasan umat manusia dari kebodohan menuju pencerdasan akal dan hati. “Memperingati” tahun baru Hijriyah juga berarti membangun paham positif untuk merajut dan memperkokoh kalimah sawa’ antar sesama Muslim. Oleh karenanya, mari kita “peringati” tahun baru 1433 Hijriyah!

    Membangun Peradaban Slideshow Slideshow

    Membangun Peradaban Slideshow Slideshow: TripAdvisor™ TripWow ★ Membangun Peradaban Slideshow Slideshow ★ untuk Yogyakarta. Slideshow perjalanan gratis yang menakjubkan di TripAdvisor

    Ibadah Sosial


    Oleh  Prof Dr KH Ali Mustafa Yaqub MA

    Saat berkunjung ke Rusia pada tahun 1950-an, Presiden Soekarno menyaksikan hanya ada satu masjid yang diizinkan Pemerintah Uni Soviet untuk dipakai oleh umat Islam. Namun, atas upaya Bung Karno kepada Pemerintah Uni Soviet, umat Islam di negeri beruang putih itu bisa memiliki sebuah masjid lagi di St Petersburg, yang dikenal dengan masjid biru. Sejak saat itu, Bung Karno dianggap sebagai pahlawan bagi umat Islam.

    Dalam konteks ini, Bung Karno telah menjalankan dua ibadah, yakni ibadah individual dan sosial. Ibadah individual telah terputus dengan wafatnya Bung karno. Tapi, ibadah sosial akan terus berlanjut, selama masjid itu dipakai umat Islam Rusia.

    Bung Karno, Pak Harto, Muammar Qaddafi, dan Ibadah Sosial












    Ratusan Muslim Kosovo protes pada pemerintah dengan mengadakan shalat Jumat di jalanan, Jumat (24/6). Mereka meminta pemerintah membangun masjid yang bisa menampung kebutuhan ibadah mereka.


    Pada pembangunan Masjid Istiqlal Jakarta, Bung Karno juga punya andil besar. Beliau berupaya mencarikan dana untuk pembangunan masjid tersebut. Mungkin, tanpa dukungan Bung Karno, baik secara moral maupun material, boleh jadi Masjid Istiqlal belum terwujud. Karena itu, selagi Masjid Istiqlal dipakai oleh umat Islam, selama itu pula Bung Karno akan mendapatkan pahala sebesar pahala umat Islam yang beribadah di Masjid Istiqlal. Masjid biru dan Masjid Istiqlal menjadi contoh ibadah sosial yang telah dilakukan oleh Bung Karno.


    Seperti halnya Bung Karno, Pak Harto juga punya kontribusi bagi umat Islam. Sekadar contoh Pak Harto memprakarsai berdirinya ribuan masjid yang berada dalam naungan Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila. Pak Harto juga turut andil atas pendirian Masjid At-Tin di Pondok Gede, Jakarta Timur. Selagi masid-masjid itu dipakai oleh umat Islam, selama itu pula Pak Harto akan tetap mendapatkan pahala sebesar pahala umat Islam yang menggunakan masjid-masjid tersebut.

    Demikian pula dengan Muamar Qadafi, mantan pemimpin Libya. Muamar Qadafi turut membantu memberikan sumbangan dana untuk pembangunan sejumlah masjid di Indonesia. Di antaranya, masjid di Toronto, Kanada, dan Masjid Muammar Qadhafi di Sentul, Bogor. Selain itu, Qadafi juga telah mengirimkan dan menggaji sekitar 5.700 orang dai yang disebarkan ke berbagai penjuru dunia untuk menyampaikan dakwah Islam.

    Selagi masjid-masjid itu digunakan oleh umat Islam dan murid-murid dari para dai yang dikirimkan itu untuk menjalankan ibadah, niscaya selama itu pula Qadafi akan tetap mendapatkan pahala sejumlah orang-orang yang beribadah itu kendati jasadnya sudah hancur dimakan tanah.

    Dalam ibadah, jika ibadah sosial dan individual sama-sama hukumnya sunah, Rasulullah SAW akan memprioritaskan ibadah sosial. Karena ibadah sosial merupakan ibadah yang pahalanya jauh lebih besar dan berkelanjutan bahkan hingga hari kiamat, dibandingkan dengan ibadah individual yang manfaatnya hanya sementara. Sebuah kaidah fikih menyebutkan; "Ibadah sosial lebih utama daripada ibadah individual."

    Karena itu, tidak mustahil ibadah-ibadah sosial yang dilakukan ketiga pemimpin itu akan mengantarkan mereka ke dalam surga. Kendati, mereka punya kesalahan di masa silam. Ini berbeda dengan mayoritas kita yang saat ini lebih banyak mementingkan ibadah individual ketimbang ibadah sosial.

    Tulisan ini dibuat di Republika cetak dengan judul Ibadah Sosial