.

Sabtu, 17 September 2011

MENGATASI BERBAGAI KELUHAN NYERI

Anda memiliki keluhan nyeri punggung? Nyeri lutut? Atau nyeri pada tumit? Cobalah tips di bawah ini dan jika anda melakukan juga program latihan yang dianjurkan dengan teratur, anda akan mendapatkan bonus berupa penurunan berat badan.
Tips untuk penderita nyeri punggung :
  1. Hindari membungkuk dengan tujuan apapun.
  2. Hindari berdiri lama dengan kedua kaki lurus. Bila perlu berdiri agak lama, usahakan salah satu kaki lebih tinggi dari kaki lainnya, secara bergantian.
  3. Hindari duduk lama. Bila perlu duduk agak lama, usahakan salah satu kaki lebih tinggi dari kaki lainnya, secara bergantian dengan cara meletakkan salah satu kaki di atas sandaran kaki atau menumpangkan salah satu kaki di atas yang lain.
  4. Posisi saat bangun dari tempat tidur : miringkan badan terlebih dahulu dan bangunlah dengan posisi badan miring ke satu sisi.
  5. Bila nyeri punggung sedang timbul, beristirahatlah. Bila terpaksa harus bangun atau berjalan, pergunakan korset. Namun pemakaian korset jangka panjang harus diimbangi dengan latihan penguatan otot perut.
  6. Latihan penguatan otot perut : lakukan sit up (curl up). Jika sit up sulit untuk anda, lakukan reverse curl up. Posisi awal reverse curl up adalah posisi duduk di lantai ( dialasi matras ) dengan lutut ditekuk, kemudian perlahan – lahan tubuh direbahkan ke belakang ( tidak sampai berbaring sepenuhnya di lantai ), tahan beberapa detik, dan kembali lagi ke posisi duduk.
Tips untuk penderita nyeri lutut :
  1. Hindari menekuk lutut lebih dari 90 derajat. Duduklah di kursi yang tingginya cukup membuat posisi lutut menekuk tidak lebih dari 90 derajat. Jangan duduk di kursi yang terlalu rendah atau
  2. Hindari naik tangga. Jika terpaksa naik tangga, gunakan kaki yang sehat untuk naik terlebih dahulu. Sebaliknya saat turun pergunakan kaki yang sakit terlebih dahulu.
  3. Bila perlu pakailah tongkat atau alat bantu jalan yang lain untuk mengurangi beban langsung pada lutut. Pergunakan tongkat pada sisi kaki yang sehat.
  4. Latihan penguatan otot sekitar lutut : bersepeda adalah latihan terbaik untuk otot lutut. Mulailah dengan 10 menit sehari sampai anda mencapai 30 menit sehari. Lakukan tanpa beban tambahan terlebih dahulu kemudian perlahan tambahkan beban. Lakukan hal ini saat lutut sedang tidak nyeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar