.

Sabtu, 23 Februari 2013

Cara Enak Membuat Jus Mengkudu





Berikut cara membuat jus mengkudu:


1. Carilah 2 atau 3 buah mengkudu yang besar dan setengah matang sudah berwarna kuning tapi belum berbau.

2. Kupas dan buang bijinya

3. Potong-potong kemudian masukkan kedalam blender,bisa dicampur dengan buah apel atau anggur

4. Blender sampe benar benar cair

5. Campurkan syrup untuk rasa, boleh juga madu

6. Saring dengan saringan.

7. Minum segera saat masih dalam keadaan segar 

8. jangan dicampur dengan teh, kopi, ataupun minuman alkohol karena akan menghilangkan khasiat dari mengkudu tersebut






Mengkudu merupakan tanaman obat tradisional yang dikenal juga dengan istilah Noni, Pace. Tanaman mengkuduini mempunyai banyak kegunaan, antara lain untuk bahan pakaian, bangunan, makanan, serta obat-obatan. Melalui riset yang dilakukan oleh para ilmuwan, mengkudu menunjukkan keunggulan luar biasa. Tanaman ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral,enzim, alkaloid, ko-faktor dan sterol tumbuhan yang terbentuk secara alamiah. Daun dan akarmengkudu mengandung asam amino utuh yang merupakan sumber protein utama. Kadar air buah mengkudu sekitar 52%.
Buah mengkudu mengandung senyawa-senyawa yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh, dianyatanya senyawa-senyawa terpenoid, zat antibakteri, asam, scopoletin, zat antikanker (damnacanthal), xorinine, proxeronine, serta zat pewarna merah (morindon dan morindin).



MANFAAT DAN KHASIAT HERBAL MENGKUDU


MENGKUDU MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
Mengkudu bermanfaat dan berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempunyai efek anti rasa sakit/nyeri (analgesik), menghambat pertumbuhan sel prakanker/tumor, serta dapat merangsang produksi sel T dalam sistem kekebalan tubuh. Sel T ini berperan penting dalam melawan penyakit.


MENGKUDU MENORMALKAN TEKANAN DARAH
Mengkudu mengandung scopoletin yang berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Scopoletin dalam buah mengkudu berinteraksi sinergi dengan nutraceauticals (makanan yang berfungsi untuk pengobatan).Buah mengkudu yang telah diujikan pada hewan mampu menurunkan tekanan darah tinggi, namun tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal.


MENGKUDU MENGHILANGKAN RASA SAKIT
Kandungan xeronine dalam mengkudu berperan dalam menghilangkan rasa sakit. Xeronine dalam mengkudu ini mampu menormalkan protein pada sel-sel yang abnormal, termasuk sel-sel jaringan otak (tempat berawalnya rasa sakit).


MENGKUDU SEBAGAI ANTIPERADANGAN DAN ANTIALERGI
Senyawa scopoletin sangat efektif sebagai zat antiradang dan antialergi. Literatur-literatur kedokteran melaporkan keberhasilan pengobatan pada arthitis, bursitis, car-pal tunnel syndrome dan alergi dengan menggunakan scopoletin. Saribuah mengkudu mampu menyembuhkan sakit punggung, sakit lutut (osteoarthritis), asma, radang sendi, dll.


MENGKUDU SEBAGAI ANTIBAKTERI
Mengkudu mengandung bahan antibakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit jantung, gangguan pencernaan. Buah mengkudu juga membantu mengatur keseimbangan pH tubuh, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin, mineral dan protein.


MENGKUDU MENGATUR SIKLUS SUASANA HATI (MOOD)
Kandungan scopoletin pada mengkudu dapat mengikat serotonin. Serotonin adalah salah satu zat penting dalam butiran darah (trombosit) manusia yang melapisi saluran pencernaan dan otak. Serotonin berperan sebagai neutrotrcmsmitter, penghantar sinyal saran dan prekursor hormon melatonin. Serotonin dan melatonin membantu mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti tidur, regulasi suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas dan siklus produksi sel telur, rasa lapar, serta perilaku seksual. Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan migrain, pusing, serta depresi.


MENGKUDU MENGATUR SIKLUS ENERGI TUBUH
Perubahan frekuensi energi tubuh juga disebabkan oleh kegiatan positif sari buah mengkudu. Efek yang ditimbulkan antara lain dapat menstabilkan gula darah, mengurangi rasa sakit waktu menstruasi, mengurangi keinginan buang air kecil pada malam hari utnuk pria penderita pembengkakan prostat. Sari buah mengkudu juga mampu memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada proses metabolisme.


Mengkudu telah diyakini banyak orang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Herbal mengkudusekalipun hanya satu tumbuhan tetapi mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit karena Konstituen-konstituen dalambuah mengkudu memiliki khasiat merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor. Fotokimia dalam mengkudu mempunyai spektrum yang sangat luas. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu sama lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang menakjubkan.







Sistem Pencernaan
Perut kembung, luka pada usus halus, radang lambung, muntah-muntah serta keracunan makanan.

Sistem Pernapasan
Batuk, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, kolera, demam pada bayi, sinusitis, asma.

Sistem Kardiovaskular
Kolesterol tinggi, penebalan otot jantung, meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.

Penyakit Kulit
Luka, luka bakar, kudis, bisul, selulit, cacing kulit, ketombe, kurap, radang pada kulit, borok pada kulit, dll masalah kulit.

Mulut dan Tenggorokan
Radang tenggorokan, gusi berdarah, batuk, sariawan, sakit gigi.

Gangguan Menstruasi
Sindrom pramenstruasi, siklus haid tidak teratur, nyeri saat haid.

Awet Muda
Sari buah mengkudu berfungsi sebagai tonik untuk mengatasi keriput akibat proses penuaan.

Penyakit Dalam
Diabetes, hepatitis kronis, sakit pinggul, sakit kepala, gangguan fungsi ginjal, kencing batu, gangguan pada hormon tiroid.

Defisiensi Daya Tahan Tubuh
Penyakit virus Epsteinbarr, candidiasis kronis, penyakit akibat infeksi virus HIV, kekurangan tenaga (AES=Altered Energy Syndrome)


Source: 

http://caramembuatjus.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-jus-mengkudu-tanpa-bau.html#.USmujaLOKyo

http://herbaobatku.blogspot.com/2013/02/herbal-mengkudu.html

http://planetsehat.com/makanan-sehat/manfaat-buah-mengkudu-dalam-kesehatan/

1 komentar: