.

Minggu, 27 Mei 2012

Percikan Air yang Menenangkan Jiwa…


Penelitian ilmiah terbaru menegaskan bahwa mencuci tangan berguna untuk memberi rasa psikologis yang baik saat mengambil keputusan, dan bisa menyusupi rasa kenyamanan dalam hati. Menurut psikolog asal Universitas Michigan Amerika, Penelitian ini menunjukkan bahwa mencuci tangan sangat membantu menghilangkan rasa takut, dan meminimalisir efek psikologis dari kesalahan yang dilakukan oleh orang yang bersangkutan.
Karena itulah, mencuci tangan dapat membantu seseorang untuk membuat keputusan lebih akurat. Khususnya keputusan penting seperti soal Study, Pernikahan, membeli rumah, kendaraan dan semacamnya. Tambahnya…
Itulah kajian tentang cuci tangan, dan ternyata Islam telah mensyariatkan kita, dimana gerakan itu terangkum dalam suatu urutan peribadatan kita sehari-hari sebelum memulai sholat yaitu berwudhu… Ternyata banyak sekali manfaat dari wudhu, yang didalamnya ada prosesi mencuci tangan, bahkan muka, lengan, rambut dan kaki. Dan bukan hanya saru kali bahkan sampai Lima kali sehari…
Subhanalllah… semakin yakin bahwa Al Qur’an dan sunnah bisa dibuktikan secara ilmiah
Satu lagi, Penelitian yang dibuktikan oleh Reuters pada tahun 2007, suatu penelitian yg menyimpulkan bahwa mencuci tangan merupakan cara efektif pada tingkat individu dalam mencegah  penyebaran virus yang menginfeksi saluran pernafasan . (British Medical Journal, melalui 51 penelitian)…
Study lain juga menyebutkan bahwa mencuci tangan cukup dengan sabun dan air merupakan cara sederhana, mudah tapi efektif mencegah penyebaran virus yang menginfeksi saluran pernafasan dan virus SARS yang telah menjadi epidemi.
Subhanallah… Lagi lagi dan lagi… Semakin dan Semakin Yakin bahwa Al Quran dan sunnah bisa dibuktikan secara ilmiah. Bahkan jika kita teliti berbagai penemuan modern, kita selalu menemukan dua Hal :
  1. Setiap fakta ilmiah yang telah dibuktikan ilmu pengetahuan bermanfaat, ternyata kita dapati bahwa al-quran telah memerintahkan kita melakukannya.
  2. Setiap fakta ilmiah yang dibuktikan ilmu pengetahuan bisa merugikan, kita ternyata mendapati Allah SWT telah melarang kita melakukannya.
Teringat QS Al Maidah : 6
“ Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu junub maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatNya bagimu, agar kamu bersyukur”.
Dalam ketiadaan airpun Allah tidak membiarkan kita begitu saja, dalam kondisi yang rentan terhadap kuman, kotoran dan bakteri berbahaya… Allah memerintahkan kita untuk melakukan tayammum. Dimana dalam ilmu pengetahuan modern, disingkap bahwa debu atau tanah itu terdapat antibiotik yang bs membunuh kuman…
Subhanallah…
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan???….
 Source : Majalah Tarbawi ed 240, (2/12/2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar