.

Selasa, 10 November 2015

Apa itu PET/CT Scan?


Pencitraan dengan PET merupakan bentuk pencitraan metabolik atau fungsional yang dapat memberi gambaran serta memelajari berbagai fungsi metabolik dalam tubuh pada tingkat seluler. Alat ini berbeda dengan MRI atau CT Scan yang mengidentifikasi patologi dan penyakit melalui pendeteksian dari perubahan struktur ataupun anatomi di dalam tubuh.

Perubahan metabolik yang abnormal di dalam tubuh cenderung tejadi lebih dini daripada perubahan struktur. Itu sebabnya, pencitraan dengan PET hadir guna memberi deteksi awal dari berbagai jenis kanker dengan penilaian yang lebih akurat dari penyebaran kanker di dalam tubuh dibandingkan dengan pemindaian radiologi konvensional sepeti MRI dan CT Scan.

Pencitraan dengan PET ini sangat berguna dalam mengetahui tahapan atau stadium kanker, dektesi kekambuhan penyakit, begitu juga dengan pengawasan respon pengobatan pada terapi kanker.

Dengan teknologi terbaru, generasi kedua dari pemindai PET/CT yang terintegrasi saat ini memberi kemungkinan kombinasi pencitraan PET/CT. Teknologi ini memungkinkan para dokter mendapat informasi metabolik maupun struktural berdasarkan penyakit pada pemindaian tunggal PET/CT.

Terlepas dari pencitraan untuk kanker, pencitraan PET juga bermanfaat dalam menilai penyakit jantung koroner, sejumlah penyakit muskuloskeletal, dan penyakit saraf tertentu seperti kepikunan Alzheimer.

RadLink menyediakan pemindaian PET/CT 64 slices pertama di Singapura dengan kapabliitas waktu yang cepat. Kemajuan pemindaian PET/CT dengan teknologi Time of Flight ini memperkuat kualitas gambar dengan mengurangi kebisingan dan memberikan sensitivitas yang lebih tinggi. Keuntungan lainnya termasuk dosis radiasi yang lebih rendah, waktu pemindaian yang lebih cepat, serta kualitas gambar yang lebih baik.
Apa kegunaan dari pemindaian PET/CT?

Применения для раковых заболеваний
Untuk kanker
Menilai penyebaran kanker
Mendeteksi kekambuhan penyakit
Menentukan apakah benjolan yang dijumpai termasuk jinak atau kanker, contohnya saja seperti benjolan pada paru.
Memonitor respon pengobatan.
Pemindaian PET/CT ini menggantikan prosedur pencitraan medis yang cukup banyak dengan hanya satu pengamatan saja.
Untuk Kardiologi atau Jantung

RadLink menyediakan pemindaian PET jantung dengan Rubidium yang merupakan teknologi tercepat dalam bidang pencitraan perfusi miokardial. Pemindaian PET jantung dengan Rubidium ini meupakan uji non invasif yang lebih akurat dibandingkan pencitraan perfusi miokardial MIBI standar. Prosedurnya pun lebih cepat sehingga waktu menunggu bagi pasien lebih pendek. Kegunaan utamanya :

Untuk diagnostik dan penilaian fisiologi terkait dengan penyakit jantung koroner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar