.

Minggu, 12 Februari 2012

Beberapa makanan yang baik untuk mata




Kebanyakan dari kita sudah kenal dan tahu bahwa salah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin A yaitu wortel. Wortel memang salah satu makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk mata, karenanya memilih makanan yang baik sangat punya pengaruh pada kesehatan mata. Selain wortel masih ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata.  Makanan bergizi yang didalamnya mengandung vitamin A,C serta E, juga betakaroten dan leutin yaitu salah satu zat antioksidan yang diperlukan untuk mengatasi dn mengurangi resiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Makanan yang mengandung omega 3 juga penting untuk melindungi mata anda dari degenerasi retina dan mencegah mata kering. Atur dan pilihlah makanan yang baik dan bergizi untuk menghindari dari gangguan mata. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata anda. 

a.    wortel
didalam wortel terdapat betakaroten yang disebut karotenoid. Tubuh anda mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang dibutuhkan dan berperan penting dalam proses bioelektrik di dalam mata dan juga membantu tubuh anda untuk melepas radikal bebas.

b.    ubi jalar
didalam ubi jalar ini terdapat banyak vitamin A yang dibutuhkan oleh mata anda.

c.    salmon
didalam ikan salmon ini terdapat asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi  risiko degenerasi makula karena faktor umur

d.    bayam
bayam ini kaya akan beta karoten dan vitamin C. Dan juga mengandung lutien dan zeaxathin yang baik untuk mata.

e.    brokoli
sayuran ini mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang penting untuk mengobati katarak dan degenerasi makula.

f.    kacang almond
almond ini merupakan salah satu sumber vitamin E yang bisa melambatkan berkembangnya beberapa penyakit mata yang terjadi saat usia lanjut serta juga bisa membantu mencegah penyakit katarak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar