.

Selasa, 11 Agustus 2015

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Bekerja Malam


Bekerja di malam hari sudah menjadi tuntutan pekerjaan oleh perusahaan-perusahaan yang menerapkan shift malam. Agar anda bisa bekerja dengan lancar pada malam hari, anda harus cermat dalam menjaga kesehatan. Bisa jadi anda akan rentan terhadap penyakit kanker dan jantung, apabila tidak biasa dengan kondisi istirahat di siang hari dan makan di malam hari. 



Agar anda tetap fit saat bekerja di malam hari, anda bisa melakukan tips-tips berikut.


Tidur siang

Sebelum bekerja di malam hari, biasakanlah untuk beristirahat yang cukup di siang hari agar anda bisa tetap aktif saat malam harinya. Tidur siang juga bisa mencegah infeksi akibat kelelahan pada mata.
Menjaga pola makan
Jagalah pola makan anda agar tetap teratur sepanjang hari, agar tubuh tetap fit sepanjang bekerja malam. Makanlah makanan yang mengandung serat, vitamin, dan protein. Dengan begitu, kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

Minum air putih

Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan minum air putih. Air putih dapat membantu untuk mengeluarkan racun dari tubuh anda, sehingga anda tetap sehat sampai malam hari.

Mengkonsumsi buah

Mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air dan citrus bisa mengisi kekurangan cairan tubuh. Sebelum mulai bekerja, sebaiknya anda mengkonsumsi buah-buahan 3 jam sebelumnya.

Mengkonsumsi kacang-kacangan

Nutrisi kacang bisa meningkatkan energi. Oleh karena itu, kacang-kacangan sangat baik untuk dikonsumsi saat hendak memulai shift malam, sehingga anda akan tetap fit saat malam hari. Sebelum memulai bekerja, anda bisa mengkonsumsi kacang tanah atau kacang almond.

Mengubah diet

Bagi anda yang bekerja shift malam, anda harus menjaga pola makan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan ringan antara pukul 12 siang hingga pukul 6 sore, kemudian makan malam paling lama pukul 8 malam.

Mandi

Sebelum bekerja, pastikan anda telah mandi, sehingga tubuh menjadi bersih dan segar.

Mengaktifkan fisik

Saat bekerja di malam hari, anda harus tetap mengaktifkan fisik. Cobalah untuk berjalan di tempat secara berulang-ulang dengan rentang waktu per 2 jam. Bila ada waktu luang, tidurlah sejenak. Dengan begitu, anda bisa berpikiran tenang dan tubuh tetap fit.

Tidak mengkonsumsi minuman berenergi

Biasanya pekerja shift malam mengkonsumsi minuman berenergi untuk menambah tenaga, sehingga tetap fit. Padahal minuman berenergi mengandung banyak kafein yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, cobalah lebih banyak meminum air putih, sehingga anda tidak mengalami dehidrasi.

Menjaga postur tubuh

Postur tubuh anda akan menentukan produktivitas anda saat bekerja. Untuk menunjang pekerjaan anda, pilihlah posisi yang nyaman. Karena posisi duduk juga mempengaruhi kesehatan. Jika bekerja di depan computer, istirahatkan mata selama 5 menit.
Penerangan yang bagus
Agar tubuh anda tetap fit, bekerjalah di ruangan yang memiliki penerangan yang bagus. Cahaya yang terang membantu pikiran dan indra anda tetap terjaga.

Olahraga

Berolahraga secara teratur bisa memberikan stamina yang cukup bagi tubuh anda pada malam hari. Untuk tetap fit dalam menghadapi jam kerja yang tidak normal, lakukanlah olahraga ringan seperti push-up dan sit-up.

Mendengarkan murotal Al Quran

Dapat pahala  agar pikiran dan suasana hati anda tetap baik atau mendengar.

Menghindari stress

Kondisi pikiran yang jauh dari stress dan tetap rileks akan membuat tubuh anda tetap fit dan siap bekerja di malam hari. 

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Bekerja MalamDi zaman modern ini, bekerja malam bukan hal yang aneh bagi kita. Pekerja malam biasanya menggunakan waktu siang mereka untuk beristirahat semaksimal mungkin. Tapi tidak menutup kemungkinan juga mereka di siang hari juga bekerja dangan pekerjaan lain.


Mengatur ulang jadwal alami tubuh

Fisik Anda telah memiliki jadwal alami yang telah otomatis mengatur segala kondisi tubuh menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Begitu juga ketika malam, tubuh Anda akan secara otomatis menjadwalkan diri untuk tidur.
Anda dapat mengatur ulang jadwal alami tubuh Anda dengan membalikannya. Jadi, ketika malam hari Anda bangun untuk bekerja, dan di siangnya Anda gunakan untuk istirahat dan tidur. Lakukan secara rutin agar jadwal alami tubuh dapat tersetting dengan otomatis.


Mengatur jadwal makan

Dengan mengatur pola makan Anda, nutrisi tubuh akan terpenuhi dengan baik. Ketika Anda bangun malam untuk bekerja, makanlah terlebih dahulu. Tapi perlu diingat, jika Anda bangun lebih dari jam deapan malam, maka janganlah memakan makanan yang berat. Cukup dengan makan buah, minum air putih atau makan madu.


Perubahan jam kerja yang konstan

Banyak orang bekerja malam dengan cara shifrt atau bergantian. Ketika Anda menjalani pergantian jam kerja atau shift secara tidak teratur maka organ tubuh Anda akan dipaksa memompa tenaga ke seluruh tubuh agar tetap fit. Ini membuat ketidakteraturan dalam siklus kerja setiap organ dalam tubuh. Ingat, atur jadwal secara konsisten. Semisal Anda dipilih untuk bekerja malam hari, maka pilihlah jadwal shift malam hari minimal seminggu. Kemudian seminggu berikutnya silahkan ganti jadwal kerja Anda.


Hindari ngemil ketika malam

Sebagian orang menganggap ngemil ketika bekerja malam dapat menambah energi tubuh, tetapi hal itu salah. Ngemil ketika malam hari sangat tidak dianjurkan. Karena tubuh akan kesulitan mencerna makanan-makanan camilan yang kurang sehat. Lebih baik gantilah dengan memakan buah, minum madu atau kacang-kacang yang memiliki kandungan gizi tinggi



5. Mengatur postur tubuh

Mengatur postur tubuh saat bekerja adalah sangat penting. Ketika pekerjaan Anda menyita banyak waktu untuk duduk di kursi maka atur posisi duduk dengan senyaman mungkin. Posisi punggung tegak, tetapi bukan terlalu tegak hingga membusungkan dada, karena itu akan menyiksa bagian belakang perut Anda. Kemudian posisikan kaki sejajar lurus, atau silakan kaki ketika mulai pegal. Sesekali berdirilah atau berjalan-jalan kecil untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang telah tersetting duduk di kursi selama berjam-jam.
Bila duduk di depan komputer atau laptop, atur posisi monitor / layar tepat di depan mata anda tetapi jangan terlalu dekat. Posisikan tangan senyaman mungkin agar ketika mengetik otot-otot jari dan tangan tidak bekerja secara berlebih.


Hindari minuman berenergi

Minuman berenergi, menjadi solusi banyak orang untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap bertenaga ketika malam. Tetapi minuman berenergi bukanlah minuman alami, jadi ketika meminum minuman ini sama saja Anda meminum obat.
Sudah dapat dipastikan oleh dokter manapun kalau mengkonsumsi minuman berenergi pada malam hari setiap hari akan menyebabkan beberapa organ dalam tubuh Anda mengalami gangguan.
Maka mulai sekarang hindari minuman berenergi dan gantilah minuman tersebut dengan madu atau minimal minum air putih lebih banyak dari siang hari. Air putih juga dapat menjaga stamina tubuh tetap stabil di saat malam tiba.


Jangan langsung mandi ketika selesai bekerja

Ketika malam hari begadang untuk bekerja dan selesai pada esok hari, maka jangan langsung ambil handuk dan mandi. Hal ini dikarenakan tubuh yang masih hangat ketika selesai bekerja Anda siram dengan air maka suhu tubuh menjadi turun secara drastis. Hal ini merupakan salah satu penyebab tubuh Anda akan terserang flu.
Solusi ketika Anda ingin mandi setelah bekerja malam, adalah istirahatkan tubuh sejenak kira-kira satu jam menunggu suhu tubuh menurun perlahan. Atau bila perlu tidurlah dahulu, karena dengan tidur Anda akan benar-benar mengistirahatkan tubuh Anda.


Itulah tips mengenai . Yang perlu diperhatikan dalam tips diatas adalah, jaga pola hidup sehat. Walaupun pola hidup sehat tidak menganjurkan malam hari untuk bekerja, namun karena tuntutan, lakukan pola hidup sehat tersebut sebisa Anda. Dengan begitu rasa lemas dan malas akan hilang ketika sudah terbiasa.



1 komentar: