.

Minggu, 29 September 2013

Karena dia telah membunuh ayah kami


Pada masa Khalifah Umar Ibnul Khaththab Radhiyalahu Anhu ada sebuah kejadian sangat menarik, diriwayatkan datang kehadapan Khalifah yang mulia 3 orang laki laki, dua orang berkata kepada Khalifah Umar :

" ya amiral mukminin, saya ingin engkau menjatuhkan qishash kepada anak muda ini, karena dia telah membunuh ayah kami " 

Khalifah Umar bertanya kepada pemuda tsb : " kenapa engkau membunuhnya?" 
Pemuda itu menjawab :" saya mengembalakan onta, salah satu Ontaku masuk kepekarang rumahnya dan memakan tanaman didalamnya maka orang tua orang ini mengambil batu lalu memukul ontaku sampai mati, aku marah aku ambil batu itu lalu ku pukul kan kepada orang tuanya sampai mati pula dia" 
Khalifah berkata :" jika demikian aku akan tegakkan hukuman qishash atas dirimu " 
Pemuda itu berkata :" beri saya waktu barang 3 hari, ayahku meninggal dunia dia meninggalkan untukku warisan untuk saya dan adik saya jika engkau menghukum mati diriku maka akan hilang hartaku dan juga harta adikku " 

Khalifah berkata :" jika kamu mau pulang ke kampungmu, lalu siapa yang menjadi jaminanmu?"
Pemuda itupun melihat orang orang yang ada disekelilingnya kemudian dia berkata :" saya jadikan orang ini sebagai jaminan diriku"

Khalifah berkata :" wahai abu dzar apakah Anda bersedia menjadi jaminan atas dirinya ?"
Abu Dzar berkata :" saya siap menjadi jaminan atas dirinya ya amiral mukminin "
Khalifah berkata :" engkau tidak mengenalnya, jika dia kabur saya akan atasmu hukuman mati tsb"
Abu Dzar berkata :" saya menjadi jaminan atasnya ya amiral mukminin " 
Maka pergilah sang pemuda tadi, berlalu satu hati, dua hari dan masuk hari ketiga dan semua orang terguncang perasaannya atas nasib Abu Dzar Radhiyallahu Anhu

Sebelum datangnya waktu maghrib muncullah sang pemuda dalam kondisi lelah dan kehausan seraya berdiri dihadapan amirul mukminin Umar Ibnul Khaththab Radhiyalahu Anhu kemudian berkata :" aku telah menyelamatkan hartaku dan juga adikku dan saat ini aku ada dibawah kekuasaanmu silakan tegakkan hukuman atas diriku" 

Khalifah berkata :" apa yang menyebabkan engkau kembali kesini padahal kamu punya kesempatan untuk melarikan diri ?" 

Pemuda itu berkata ;" aku takut orang orang akan mengatakan :" telah hilang sikap menepati janji dalam diri masyarakat ini "

Khalifah bertanya kepada abu Dzar :" apa yang mendorongmu mau menjaminkan diri atas orang ini?" 

Abu Dzar berkata :" aku takut orang orang akan berkata :" telah hilang kebaikan ditengah masyarakat kita" 

Kedua anak muda yang ayahnya dibunuh berkata :" kami telah maafkan kesalahannya ya amiral mukminin "

Berkata Khalifah Umar dengan takjub :" lho kenapa?" 

Keduanya berkata :" kami takut orang orang akan berkata :" telah hilang sifat pemaaf ditengah tengah masyarakat kita " 

Allaahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar .. 

Adakah yang bisa menciptakan manusia manusia dengan akhlak yang mulia seperti ini kalau bukan iman kepada Allah dan iman kepada akhirat, adakah ajaran selain Islam yang mampu menjadiakan manusia seperti ini? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar